Maksimalkan Layanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih Bagi masyarakat, Perumda Air Minum Tirta Raharja Gencarkan Sosialisasi Pasang Baru

Bidik Ekspres.id | Kab Bandung

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum mengungkapkan terus mendorong pelaksanaan program pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat, dengan cara memaksimalkan layanan yang ada.

“Salah satunya dengan menggencarkan sosialisasi pemasangan baru penyediaan air bersih bagi masyarakat.” kata Dirut Drs.H.A Teddy Setiabudi, M.T., Soreang, Senin (22/12/2025).

Dikatakan Asep Tedi, saat ini Perumda Air Minum Tirta Raharja terus berbenah guna memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat

“Kita optimalkan layanan dan terus mengupayakan perbaikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sebagaimana telah di sosialisasikan, menyangkut Prosedur Alur pendaftaran untuk sambungan baru Air Minum adalah sebagai berikut:

1.Siapkan Dokumen dimana Calon pelanggan menyiapkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK). Untuk badan usaha/instansi, diperlukan fotokopi akta pendirian.

2. Mengisi Formulir dengan cara Mendatangi kantor pelayanan wilayah PDAM Tirta Raharja terdekat untuk mengisi formulir pendaftaran. Beberapa PDAM juga menyediakan opsi pendaftaran daring melalui situs web resmi mereka.

3. Melakukan Survei Lapangan, dimana Petugas PDAM akan melakukan survei ke lokasi calon pelanggan untuk memeriksa kondisi teknis dan ketersediaan jaringan pipa.

4. Membuat Estimasi (perkiraan) Biaya, dimana setelah melakukan survei, petugas akan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang mencakup biaya pemasangan dan tarif golongan pelanggan.

5. Melakukan Pembayaran, dimana Calon pelanggan melunasi biaya pemasangan sesuai RAB. Pemasangan akan dilaksanakan setelah pembayaran lunas.

6. Melakukan pemasangan, dimana petugas akan melakukan pemasangan sambungan air hingga meter air di lokasi.

Sedangkan menyangkut biaya Pemasangan sambungan baru di Perumda Air Minum Tirta Raharja bervariasi tergantung pada golongan tarif (misalnya, Rumah Tangga, Niaga) dan letak (lokasi) geografis.

Selain itu penting untuk diketahui masyarakat, bahwa PDAM Tirta Raharja terkadang menawarkan promo atau diskon biaya pemasangan dalam periode dan momen tertentu (misalnya, saat Hari Jadi Kabupaten Bandung).
Informasi mengenai biaya pasti dapat diperoleh setelah proses survei atau dengan menghubungi kantor pelayanan setempat.

Bilamana masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi atau datang langsung kekantor pelayanan Perumda Air Minum Tirta Raharja : Kantor Pusat: Jl. Kolonel Masturi Km. 3, Cipageran, Kota Cimahi dan Kantor Pelayanan Margaasih: Jl. Tengah No. 9, Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Untuk Nomor Telepon sendiri dapat menghubungi +62 22 5891609 (Kantor Pusat Soreang) atau nomor layanan pelanggan lainnya yang tersedia di website resmi Tirta Raharja. ***

Editor: Aripudin