Loading Now

Tanda Dimulainya Rangkaian Hari Jadi Wonosobo ke 199, Dandim 0707 Wonosobo Serahkan Benda Ini

Tanda Dimulainya Rangkaian Hari Jadi Wonosobo ke 199, Dandim 0707 Wonosobo Serahkan Benda Ini

Bidik Ekspres.id  Wonosobo

Dandim 0707 Wonosobo Letkol Inf Helmy menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Danramil 09 Kepil Kapten Inf Robertus Santosa bertempat di halaman Pendopo Bupati, pada Kamis 4/7.

Penyerahan bendera tersebut dalam Prosesi kirab panji dan pusaka praja menjadi pertanda dimulainya rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Wonosobo ke 199.

Setelah itu dilanjutkan penyerahan payung Songsong Catragung bermakna pengayoman dari pimpinan kepada masyarakat yang diserahkan bupati kepada camat. Kemudian lambang daerah atau Panji Gegununging Praja yang bermakna identitas daerah yang diserahkan oleh ketua DPRD kepada sekretaris kecamatan. Dan terakhir tombak Katentreman bermakna penegakan supremasi hukum yang diserahkan oleh Kapolres kepada Kapolsek. Selanjutnya Panji dan Pusaka akan diarak keliling ke seluruh wilayah desa di Wonosobo.

Bendera Projo dan Pusoko mempunyai arti khusus yaitu Gendo Abang Putih atau Sang Saka Dwi Warno yang mempunyai arti nasionalisme, Songsong atau Catragung mempunyai rasa perlindungan antara pemimpin dan rakyat, Tombak Perdamaian melambangkan supremasi kekuasaan. undang-undang, dan Bendera Gunung Rakyat mempunyai makna identitas daerah kinaryo.

Dalam sambutanya Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan, prosesi Pasrah Tampi Panji dan Pusoko Projo merupakan salah satu ciri khas peringatan Ambal Warso Kabupaten Wonosobo yang harus dilestarikan dan dikembangkan sebagai landasan jati diri, yaitu sinergitas membangun kabupaten ini.

“Prosesi ini sebagai tanda warga masyarakat di seluruh kabupaten Wonosobo, untuk turut serta dalam peringatan Ambal Warso Kabupaten Wonosobo, sekaligus mempunyai harapan agar kegiatan Ambal Warsa dapat menggerakkan perekonomian masyarakat hingga ke pedesaan,” ujarnya.

Menurut Afif, hal ini sejalan dengan tema peringatan Ambal Warso Kabupaten Wonosobo ke-199 Guyub Rukun Mustikaning Laku.

“Ini mengingatkan saya dan saudara semua akan pentingnya persatuan, kebersamaan dan kekeluargaan dengan mengedepankan persatuan seluruh anggota masyarakat, sebagai landasan standar untuk memajukan daerah.” tutup Bupati Wonosobo.***(B79)

error: Content is protected !!