Loading Now

Siapa Bilang Biji Pepaya Tidak Ada Manfaatnya, Ini 7 Khasiat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Siapa Bilang Biji Pepaya Tidak Ada Manfaatnya, Ini 7 Khasiat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Buah Pepaya

NBidik Ekspres.id | Bandung

pepaya merupakan buah buahan yang manis dan segar yang digemari banyak orang, selain lezat, pepaya juga mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin, serat, zat besi, kalsium, dan lain sebagainya.

Tapi apakah kalian tahu bahwa Biji pepaya juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya, biji pepaya dapat diolah dengan cara dikeringkan dan dihaluskan, kemudian ditaburkan ke salad, minuman, atau makanan lainnya.’

Berikut beberapa manfaat dari biji pepaya untuk keseharan tubuh:

1. Mendukung fungsi pencernaan
Biji pepaya juga mengandung enzim khas bernama papain. Papain dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mengatasi masalah, seperti kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Meningkatkan kesehatan organ hati
Biji pepaya mengandung antioksidan tinggi, khususnya polifenol dan flavonoid. Antioksidan tersebut dapat membantu mengeliminasi racun dari dalam tubuh dan mendukung fungsi hati.

3. Melawan peradangan
Kandungan antioksidan pada biji pepaya juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Tak hanya itu, biji pepaya juga dapat membantu meredakan gejala yang disebabkan oleh peradangan, seperti artritis.

4. Meningkatkan imun tubuh
Biji pepaya juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang tidak hanya memperkuat imun tubuh, tapi juga melindungi dari risiko penyakit akibat infeksi virus dan bakteri, seperti flu.

5. Membantu menurunkan berat badan
Biji pepaya juga berpotensi membantu menurunkan berat badan berkat kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat dapat membantu penyerapan glukosa di sistem pencernaan, sehingga mencegah kadar gula darah naik secara signifikan.

6. Berpotensi melawan kanker
Beberapa penelitian mengungkapkan kandungan antioksidan di dalam biji pepaya memiliki potensi untuk melawan kanker tertentu. Tak hanya itu, biji pepaya juga mengandung zat bernama isothiocyanate yang dapat menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker.

7. Meningkatkan kesehatan jantung
Biji pepaya mengandung lemak sehat tak jenuh dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Sehingga, mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lain.***

error: Content is protected !!