Loading Now

Pemkot Bandung Ajak Para Pelaku Usaha Untuk Ikut Mensukseskan Festival Asia Afrika 2024

Pemkot Bandung Ajak Para Pelaku Usaha Untuk Ikut Mensukseskan Festival Asia Afrika 2024Bidik Ekspres.id | Bandung

Pemerintah Kota Bandung mengajak pelaku usaha -terutama yang berada di Jalan Asia Afrika dan Braga- agar ikut menyukseskan Festival Asia Afrika 2024. Kesuksesan penyelenggaraan acara tahunan yang sempat terhenti saat pandemi Covid-19 itu akan menghadirkan efek ganda atau multiplier effect pada ekonomi Kota Bandung secara keseluruhan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, penyelenggaraan Festival Asia Afrika memerlukan peran serta berbagai pemangku kepentingan, termasuk pelaku usaha. Rencananya, festival itu dilaksanakan pada 6-7 Juli 2024.

“Festival Asia Afrika merupakan hajat Kota Bandung. Sebanyak 28 delegasi dari negara di Asia dan Afrika akan hadir. Nama Kota Bandung dipertaruhkan di tingkat internasional. Mari bersama-sama menunjukkan Kota Bandung itu someah,” ucap Bambang saat memimpin rapat koordinasi bersama para pelaku usaha di Jalan Braga pendek, Jalan Braga, Sabtu (29/6/2024).

Bambang menyebutkan, penyelenggaraan festival edisi 2024 lebih besar ketimbang tahun sebelumnya, dari sisi jumlah delegasi maupun tata acara. Selain delegasi yang bertambah dari 17 menjadi 28, disiapkan Asia Africa Corner. Sebanyak 40 stand UMKM mengisi pojok tersebut.

“Asia Afrika Corner berada di Jalan Braga Pendek. Bakal berlaku penutupan (pengaturan lalu lintas) di Jalan Braga pendek. Lantaran demikian, kami mengundang para pelaku usaha di Jalan Braga pendek, membangun komitmen bersama. Kami ingin menjalin kolaborasi. Pemerintah (Kota Bandung) tak bisa apa-apa tanpa partisipasi tiap-tiap pihak,” ucap Bambang.

Bambang berharap, penyelenggaraan Festival Asia Afrika mendongkrak pariwisata dan memacu laju pertumbuhan ekonomi secara umum di Kota Bandung. “Terima kasih atas dukungannya. Festival Asia Afrika sangat potensial memikat kunjungan wisatawan datang ke Kota Bandung,” ucap Bambang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, Eric Mohamad Atthauriq menambahkan, ekonomi Kota Bandung mengalami perlambatan pada 2023. Menurut dia, Festival Asia Afrika bisa menghadirkan efek yang  mendongkrak ekonomi di Kota Bandung.

“Festival merupakan momentum untuk mendongkrak ekonomi Kota Bandung. Bersamaan dengan hal itu, pelaku usaha di sekitar alun-alun dan Braga akan beroleh manfaat ekonomi,” ucap dia.

Sebagaimana penyelenggaraan edisi-edisi sebelumnya, atraksi seni dan budaya akan meramaikan festival. Terdapat pula penampilan Asia Africa Corner Main Artist. Penampilan komunitas lokal pun ikut ambil bagian. Bukan hanya delegasi dari negara-negara Asia dan Afrika, perwakilan sejumlah daerah di Indonesia pun akan hadir, di antaranya Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Palangkaraya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, serta Kota Semarang.*** (David)

Sumber: Diskominfo Kota Bdg

error: Content is protected !!