Loading Now

LSM Benteng Bekasi Soroti Aktivitas Lalu Lintas Kendaraan Berat Yang Melewati Jalan Cigutul Cicau Kabupaten Bekasi

LSM Benteng Bekasi Soroti Aktivitas Lalu Lintas Kendaraan Berat Yang Melewati Jalan Cigutul Cicau Kabupaten Bekasi

Ketua Umum LSM Benteng Bekasi, Turangga Cakraudaksana 

Bidik Ekspres.id | Kab Bekasi

Aktifitas kendaraan bertonase besar yang mengangkut tanah galian yang diduga tidak mengantongi ijin yang melintasi jalan Cigutul-Cicau yang baru saja dibeton mengundang reaksi serta sorotan dari berbagai kalangan.

Salah satu yang menyoroti masalah tersebut adalah LSM Benteng Bekasi, pasalnya jalan tersebut tidak diperuntukkan untuk mobil daya Angkut 8 ton sehingga hal tersebut dikhawirkan jalan baru saja dibeton agar cepat rusak.

Ketua Umum LSM Benteng Bekasi
Turangga Cakraudaksana kepada Media http://www.bidikekspres.id mengatakan
“Jalan Cigutul Cicau yang baru saja dicor tidak boleh dilalui oleh kendaraan berat di atas 8 ton karena spesifikasinya bukan jalan utama”

“Kalau ini tetap dibiarkan, maka jalan yang baru saja selesai di cor akan cepat rusak kembali, yang rugi adalah rakyat” ucap Turangga Cakraudaksana

Lebih lanjut Ketum LSM Benteng Bekasi ini mengatakan
“Kami minta kepada pihak pihak terkait untuk segera mengambil langkah nyata”

Selain itu, Turangga pun meminta kepada Satpol PP dan Dinas Perizinan segera bisa menertibkan Perusahaan Perusahaan yang beroperasi di sekitaran Jalan Cigutul Cicau
“Kami meminta kepada Satpol PP dan Dinas Perizinan untuk segera menertibkan Perusahaan Perusahaan di sekitaran Jalan Cigutul Cicau, terutama Perusahaan Perusahaan yang diduga tak berizin”

“Selain itu, Kami juga meminta Aparat Penegak Hukum untuk dapat menertibkan galian-galian yang diduga kuat ilegal” tambahnya.

Turangga menilai, aktivitas pengangkutan tanah galian yang tidak berizin ini dinilai dapat merusak infrastruktur jalan dan membahayakan keselamatan para pengguna jalan. sehingga warga berharap agar Pemda segera mengambil tindakan yang tegas untuk mencegah kerusakan lebih lanjut

“Pemerintah diharapkan dapat melakukan pengawasan yang lebih ketat serta memberikan sanksi yang tegas kepada pelanggar aturan untuk menjaga infrastruktur dan keselamatan publik” ucap Turangga.

Turangga mengatakan Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi tentang Tata Ruang dan Wilayah mengatur penggunaan dan pemeliharaan jalan-jalan di Kabupaten Bekasi,  dimana Jalan Cigutul Cicau bukanlah jalan utama serat memiliki batasan berat kendaraan yang boleh melintas untuk menjaga kualitas dan umur jalan. Selain itu, Peraturan Daerah tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan juga mengatur ketentuan mengenai mobilisasi kendaraan berat dan izin yang diperlukan. Kendaraan berat yang mengangkut tanah galian tanpa izin melanggar ketentuan ini. Peraturan Bupati Bekasi tentang Izin Usaha dan Operasional mewajibkan perusahaan yang beroperasi di sekitar Jalan Cigutul Cicau untuk memiliki izin yang sah dari Dinas Perizinan Operasi tanpa izin melanggar peraturan ini dan dapat dikenakan sanksi administratif hingga pidana. Pungkas Ketum LSM Benteng Bekasi Turangga Cakraudaksana.*** (Hermansyah)

error: Content is protected !!