Loading Now

Lakukan Doa Bersama, Kodim 0707 Wonosobo Peringati 1 Muharram 1446 H

Kodim 0707 Wonosob Gelar Do’a Bersama Sambut Tahun Baru Islam

Bidik Ekspres.id | Wonosobo

Peringati 1 Muharram 1446 H, Kodim 0707 Wonosobo melaksanakan doa bersama, Senin 08/07.

Kegiatan doa yang dlaksanakan di bertempat di Mushola As Syuhada ini mengusung tema “Jadikan Semangat Muharram untuk Perubahan yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045”.Saat memimpin acara Serda Rosikin menyampaikan, sebagai umat Islam harus tahu dan bangga akan adanya kalender Hijriah. Karena dengan memperingatinya akan banyak manfaat yang bisa dipetik.

“Momen ini merupakan momen hijrah, yang artinya adalah berpindah. Namun dalam hal ini, berpindah yang dimaksud bukanlah berpindah tempat, melainkan berpindah secara mental, moral, dan religiusitas. Artinya, seorang muslim hendaknya mengubah sifat-sifat buruk yang ada dalam dirinya menjadi sifat-sifat yang baik dan terpuji,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Serda Rosikin, pergantian tahun selalu identik dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah. Peristiwa hijrah sendiri merupakan tonggak paling bersejarah dalam perkembangan agama Islam di seluruh dunia sehingga ditetapkan sebagai permulaan penanggalan Islam Hijriah.

“Spirit hijrah adalah semangat perubahan menuju keadaan yang lebih baik. Karena itu, umat Islam hendaknya memetik hikmah 1 Muharram untuk memperbaharui sikap mental dan perilaku individu masyarakat,” ucapnya.

Beliau juga menjelaskan, sebagai wujud perubahan masyarakat Indonesia perlu untuk kembali memperkuat karakter dan akhlakul karimah. Hal ini agar bangsa tak larut dalam gemerlap globalisasi dan tergilas zaman. Sesuai dengan tema yaitu menuju Indonesia Emas 2045.

“Ini merupakan hal yang sangat tepat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga cita – cita bangsa bisa terwujud,” Beber Serda Rosikin.

Sebelum menutup acara disampaikan “Dengan merenungi peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW, kita bisa mengambil bekal dan hikmah untuk menapaki tahun 1446 Hijriah yang akan datang.

“Tahun ini kita harus menjadi manusia yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutupnya.***(B79)

error: Content is protected !!