Loading Now

Kurangi Angka Pengangguran, Pemkab Bandung Lakukan Kerja Sama Dengan PT. Bina Artha Ventura Rekrut Calon Tenaga Kerja

Kurangi Angka Pengangguran, Pemkab Bandung Lakukan Kerja Sama Dengan PT. Bina Artha Ventura Rekrut Calon Tenaga KerjaBidik Ekspres.id | Kab Bandung 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Ketenagakerjaan saat ini sedang melaksanakan rekrutmen calon karyawan atau tenaga kerja yang akan bekerja di perusahaan PT. Bina Artha Ventura di Kabupaten Bandung.

Rekrutmen calon tenaga kerja itu dilaksanakan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung bekerjasama dengan perusahaan PT. Bina Artha Ventura, sebagai penerima calon tenaga kerja di lembaga pembiayaan mikro perusahaan tersebut.

“Saat ini, di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung sedang melaksanakan rekrutmen tenaga kerja di tengah lesunya perkembangan ekonomi. Sudah saatnya kita harus beralih ke bisnis-bisnis yang lainnya. Tadi ada dari salah satu perusahaan yang merekrut para calon tenaga kerja,” kata Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna melalui Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung H. Rukmana di Baleendah, Rabu (3/7/2024).Rukmana mengatakan bahwa Dinas Ketenagakerjaan terus berusaha untuk memfasilitasi para calon tenaga kerja asal Kabupaten Bandung. Mulai dari rekrutmen dan wawancaranya dilaksanakan di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung.

“Intinya di tengah situasi seperti ini, Pemkab Bandung melakukan berbagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung,” ujar Rukmana.

Saat ini, Rukmana mengatakan, aspek ekonomi global sedang goyah, sehingga banyak industri yang kolaps. Dalam kondisi demikian, imbuhnya, Dinas Ketenagakerjaan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan melaksanakan rekrutmen calon tenaga kerja.

“Pelaksanaan rekrutmen calon tenaga kerja ini, bermula dari hasil kegiatan job fair yang dilaksanakan Dinas Ketenagakerjaan beberapa waktu lalu. Job fair ini untuk penempatan calon tenaga kerja. Seiring dengan berjalannya waktu, Dinas Ketenagakerjaan melaksanakan kerjasama dengan perusahaan Bina Artha Ventura,” katanya.

Dikatakan Rukmana, perusahaan tersebut, bagaimana merekrut calon tenaga kerja ini melalui Dinas Ketenagakerjaan.

“Mengingat saat ini, angka pencari kerja cukup banyak. Melalui kerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan, mudah-mudahan bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung,” katanya.

Ia menyebutkan, perusahaan yang bergerak dalam lembaga pembiayaan mikro tersebut sudah tersertifikasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk itu, perusahaan yang melaksanakan perekrutan tenaga kerja itu merupakan perusahaan resmi.

“Di Kabupaten Bandung, perusahaan Bina Artha Ventura ini berada di empat cabang, yaitu di Ciwidey, Katapang, Baleendah, dan Majalaya. Sehingga rekrutmen calon tenaganya baru delapan orang dulu. Jadi satu kecamatan baru dua orang dulu,” ujarnya.

Ia mengatakan para calon tenaga kerja itu, gajinya pun sesuai dengan UMK (Upah Minimum Kabupaten) Bandung.

“Nanti kedepannya akan berkembang lagi. Berharap kedepannya, merekrut calon tenaga kerja asal Kabupaten Bandung bisa lebih banyak lagi,” harapnya.

Rukmana pun berharap kedepannya ada perusahaan lain yang mau bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan dalam upaya merekrut calon tenaga kerja. Dengan harapan dapat mengurangi angka pengangguran disaat banyak perusahaan yang mengalami kelesuan dan terjadi pemutusan hubungan kerja.

“Apalagi sekarang ini inflasi di Kabupaten Bandung sudah mulai membaik. Tenaga kerja asing sudah mulai kondusif lagi,” katanya.

Ia pun melihat kondisi perusahaan di Kabupaten Bandung saat ini kondusif, dan aksi demo nyaris tidak ada.

“Hal itu menunjukkan iklim usaha di Kabupaten Bandung berada dibawah kepemimpinan Bupati Bandung Dadang Supriatna sangat kondusif dan baik,” ujarnya.

Rukmana pun meyakini bahwa dengan banyaknya pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan Dinas Ketenagakerjaan, akan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung.

“Dengan adanya pelatihan-pelatihan ini, tentunya akan menambah banyak wirausaha baru. Perusahaan Bina Artha Ventura, yang saat ini bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan salah satunya untuk memberantas bank emok,” ujarnya.

Sementara itu, Restu, selaku Rekrutmen Manager Area Jawa Barat PT. Bina Artha Ventura, mengatakan bahwa calon tenaga kerja yang akan direkrut oleh perusahaan Bina Artha Ventura itu adalah untuk petugas lapangan atau account officer.

“Jadi, nantinya tugasnya lebih mencari nasabah, menjalin silaturahmi dengan nasabah atau mitra kita,” katanya.

Kriterianya, imbuh Restu, baik laki-laki maupun perempuan, minimal usia 18 tahun dan maksimal 30 tahun.

“Minimal pendidikan SLTA. Mereka mulai dipekerjakan, target kita adalah dua Minggu mulai hari ini dan kemungkinan di akhir bulan Juli 2024,” ujarnya.

Restu mengatakan kerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan ini merupakan insiatif dari pihak perusahaan.

“Supaya lebih legal dan resmi, bahwa kita kerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan perusahannya sudah OJK dan diawasi oleh Dinas Ketenagakerjaan juga,” tuturnya.

Ia mengatakan perusahaan ini adalah memberikan kesempatan kepada warga Kabupaten Bandung, khususnya yang masih menganggur.***

error: Content is protected !!