Loading Now

Berikut Beberapa Minuman Yang Bisa Menghancurkan Batu Ginjal Selain Air Putih

Ginjal Ilustrasi

Bidik Ekspres.id | Kab Bekasi

Air putih jadi salah satu minuman paling ampuh untuk mengatasi batu ginjal. Namun, minum air putih terus juga rasanya membosankan.

Batu ginjal sendiri merupakan potongan kecil mineral yang menumpuk akibat senyawa kimia dalam urine.

Kehadiran batu ginjal biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti nyeri punggung bawah, mual, demam, dan urine berwarna keruh hingga berdarah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet minuman penghancur batu ginjal selain air putih, antara lain:

1. Air perasan lemon
Air yang dicampur dengan perasan lemon mengandung asam sitrat yang dapat memecah batu ginjal berukuran kecil.

Asam sitrat sendiri merupakan salah satu senyawa asam yang umum ditemukan pada banyak buah dan sayuran. Asam sitrat memecah batu ginjal dengan membentuk garam sitrat yang larut.

Garam sitrat kemudian mengikat kalsium. Tak hanya membantu mengeluarkan batu ginjal, tapi juga membantu mencegah pembentukannya.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel yang mengandung asam fosfat, asam asetat, dan asam sitrat. Ketiganya mampu mengurangi ukuran batu ginjal dan memecah jaringan pembentuk batu ginjal.

Tambahkan 1 sdm cuka sari apel ke dalam satu gelas air. Hindari meminum air cuka apel secara langsung lewat mulut karena bisa merusak gigi. Anda bisa menggunakan sedotan untuk meminumnya.

3. Jus kemangi
Kemangi punya nutrisi yang bisa membantu memecahkan batu ginjal. Secara tradisional, kemangi digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Kemangi mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Studi pada tikus tahun 2020 menemukan bahwa kemangi punya kemampuan untuk mendukung fungsi ginjal.

4. Jus seledri
Dalam beberapa bentuk pengobatan tradisional, seledri kerap digunakan sebagai obat batu ginjal.

Sebuah studi pada tikus tahun 2019 menemukan, ekstrak seledri dapat membantu memecah batu ginjal.

Haluskan seledri dengan air, lalu minum sarinya.

5. Jus delima
Minuman penghancur batu ginjal yang terakhir adalah jus delima. Buah satu ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Tak jelas berapa banyak jus delima yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi batu ginjal. Hanya saja, 1-2 gelas jus delima setiap hari masih aman untuk sebagian besar orang.

Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi beberapa minuman di atas. Konsultasi dilakukan demi alasan keamanan.*** (Hermansyah)

error: Content is protected !!