Loading Now

Upacara Adat Merti Dusun “Puji Jagad” Desa Legoksari Resmi Dibuka Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo

Upacara Adat Merti Dusun “Puji Jagad” Desa Legoksari Resmi Dibuka Pj Bupati Temanggung Hary Agung PrabowoBidik Ekspres.id | Temanggung

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo membuka secara resmi Upacara Adat Merti Dusun “Puji Jagad” yang bertempat di Dusun Lamuk Legok, Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung, Kamis 20/6 siang.

Pj. Bupati dalam sambutannya menjelaskan, upacara adat Merti Dusun Puji Jagad adalah tradisi yang telah dilaksanakan secara turun-temurun. Tradisi tersebut bukan hanya sekadar ritual, melainkan juga merupakan wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rezeki dan nikmat yang telah diterima.

“Saya mengucapkan selamat kepada kepala desa dan seluruh anggota lembaga adat yang telah berhasil menyelenggarakan acara Upacara Adat Merti Dusun Puji Jagad ini dengan sangat baik. Tanpa kerja keras dan dedikasi bapak dan ibu sekalian, acara ini tentu tidak akan bisa terlaksana dengan meriah seperti sekarang,” tandas Pj. Bupati Hary Agung.

Budaya dan tradisi yang dimiliki seperti yang dikatakan Pj. Bupati, merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, menjaga dan melestarikan tradisi adalah tanggung jawab bersama, agar nilai-nilai luhur dari nenek moyang tetap hidup dan bisa dinikmati oleh generasi-generasi mendatang. Selain itu, mengajarkan nilai-nilai budaya dan tradisi kepada anak-anak juga harus ditanamkan mulai dari sekarang.

“Saya juga ingin mengajak seluruh warga desa untuk terus menjaga toleransi dan kerukunan di antara kita. Desa kita adalah rumah bagi berbagai latar belakang dan perbedaan, dan itu adalah kekayaan yang harus kita syukuri dan pelihara. Dengan saling menghargai dan menghormati, kita bisa hidup berdampingan dengan damai dan harmonis,” tambah Pj. Bupati.

Pj. Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, kehidupan di masyarakat akan lebih nyaman dan sejahtera.

“Mari kita bersama-sama mengurangi penggunaan plastik, menjaga kebersihan sungai, dan menanam pohon untuk menghijaukan desa kita,” ajaknya.***(Drs Wardoyo)

Sumber: Prokopim Temanggung

error: Content is protected !!