Loading Now

Pemkab Bekasi Serahkan Bankeu Kepada 11 Parpol Peserta Pemilu 2019 Sebesar 5,7 Miliar

Pemkab Bekasi Serahkan Bankeu Kepada 11 Parpol Peserta Pemilu 2019 Sebesar 5,7 MiliarBidik Ekspres.id | Kab Bekasi

Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan bantuan keuangan (bankeu) bagi partai politik yang memperoleh kursi DPRD Kabupaten Bekasi hasil Pemilu Legislatif tahun 2019.

Bantuan keuangan tersebut diserahkan kepada 11 Partai Politik (Parpol) yang memperoleh kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi dari hasil pemilu legislatif tahun 2019. 11 parpol tersebut diantaranya partai Gerindra, PKS, PDIP, Golkar, Demokrat, PAN, PKB, PPP, Nasdem, DPD Perindo, dan PBB.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan kepada 11 pimpinan partai politik di Ruang Rapat KH. Mamun Nawawi, Komplek Pemkab Cikarang Pusat, pada Jum’at 28/06.

Dalam kesempatan tersebut Dani Ramdan mengatakan, bantuan keuangan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi kepada 11 parpol yang bersumber dari APBD 2024. Dirinya juga menyebut, peran parpol dewasa ini semakin sentral dalam hal membangun demokrasi di Kabupaten Bekasi, seperti untuk kaderisasi, operasional partai, dan juga kegiatan sosial.

Dani Ramdan menyampaikan, pada tahun ini bantuan keuangan parpol naik signifikan dari Rp 1.500 menjadi Rp. 6.000 per suara yang diraih partai dalam Pemilu Legislatif (Pileg). Total bantuan keuangan partai politik tahun 2024 sebesar Rp 5.715.872.000 yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2024.

Dani juga mengatakan, dengan naiknya bantuan keuangan parpol ini, Pemkab Bekasi ingin mendorong agar partai memiliki kemandirian dari sisi keuangan partai. Kenaikan ini juga diharapkan mampu menjadikan para kader dan kandidat terhindar dari political transactional (politik transaksi) yang membahayakan demokrasi di Kabupaten Bekasi.*** (Sugiono)

Sumber: Prokopim Kab Bks

error: Content is protected !!