Loading Now

Pemdes Talunombo Wonosobo Bersama Polbangtan Yogyakarta Magelang Tumbuhkan Minat Bertani Masyarkat

Pemdes Talunombo Wonosobo Bersama Polbangtan Yogyakarta Magelang Tumbuhkan Minat Bertani MasyarkatBidik Ekspres.id | Wonosobo

Pemerintah Desa Talunomnbo berkolaborasi dengan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang dan bekerjasama dengan Upt Sapuran serta Gapoktan, melaksanakan kegiatan penanaman cabai di demplot di lahan sawah Gapoktan Sido Maju Desa Talunomnbo Kecamatan Sapuran Wonosobo pada Rabu 27/06.

Penanaman Perdana di demplot ini di hadiri penyuluh pertanian UPT Kecamatan Sapuran , Mahasiswa Polbangtan Yogyakarta Magelang, Kades Talunomnbo , Gapoktan Sido Maju dan anggota kelompok tani serta kelompok wanita tani.Penanaman demplot dilaksanakan pada musim tanam dengan luas lahan 500 m. Varietas cabai asmoro dengan menggunakan pupuk organic dari limbah sampah TPS3R dan juga kimia.

Varietas Cabai asmoro mempunyai potensi produksi yang Bagus serta lebih tahan terhadap serangan hama penyakit

Selain menanam tanaman di dempot masyarakat juga di ajari cara membuat eco enzim dari limbah Rumah tangga yang nantinya bisa di gunakan untuk pemupukan sehingga tercipta kemandirian pupuk.

Kades Talunombo Badarudin menyampaikan, dirinya menggapresiasi kepada semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Saya sangat apresiatif terhadap semua pihak yang terlibat. Pemdes Talunombo berharap dengan diadakannya demplot dan pembuatan eco enzim ini masyarakat Talunombo akan lebih paham cara bertani yang baik dan benar, sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal juga lebih baik.

Selain itu, menurut Badarudin, tumbuhnya minat bertani, secara tidak langsung masyarakat ikut serta menjaga stabilitas ketahanan pangan Nasional.***(B79)

error: Content is protected !!