Loading Now

Meugang Tradisi Masyarakat Sabang Aceh Dalam Menyambut Idul Adha, Hari Pertama Megang Harga Daging Tembus 180 Ribu

Meugang Tradisi Masyarakat Sabang Aceh Dalam Menyambut Idul Adha, Hari Pertama Megang Harga Daging Tembus 180 RibuBidik Ekspres.id | Kota Sabang

Meugang menyambut hari raya Idul Adha 1445 Hijriah, Sabang potong sebanyak 59 ekor sapi dan 3 ekor kerbau. Sementara untuk harga daging pada meugang pertama dan ke dua berkisar Rp 170 ribu-Rp 180 ribu per kilogramnya.

“Meugang pertama tercatat sebanyak 39 ekor sapi dan 2 ekor kerbau yang disembelih, sementara meugang ke dua ada 20 ekor sapi dan 1 ekor sapi. Jadi keseluruhan ada 62 ekor yang disembelih meugang Idul Adha ini,” kata Hariadi, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Sabang, di Sabang, Minggu, (16/6).

Hariadi memastikan kualitas daging terjamin bagus, karena pihaknya sudah memeriksa dengan seksama, mulai dari surat kesehatan ternak, dan kondisi ternak baik sebelum, saat, maupun sesudah dipotong.

“Semua ternak tersebut, tentunya sudah Kami cek sebelum maupun sesudah disembelih, Alhamdulillah ternak dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Dia menambahkan, jumlah pedagang pada meugang pertama terdapat 25 orang, sedangkan di meugang ke dua, berjumlah 20 orang.

Meugang merupakan tradisi masyarakat Aceh menyambut hari raya Idul Adha, begitu pula halnya di Kota Sabang setiap tahun. Selain pedagang daging musiman yang menjadi ciri khas meugang, di Sabang sendiri keunikan meugang juga terlihat dari ramainya pedagang sayur dan bumbu yang turun ke pinggir jalan.

Meski kondisi pasar cukup ramai dengan pedagang dan masyarakat yang berbelanja, pelaksanaan meugang berjalan dengan tertib, dengan hadirnya petugas yang mengamankan.***

Sumber: Humas Kota Sabang

error: Content is protected !!