Loading Now

Mendunia..!!! Seni Tarawangsa Dari  Rancakalong Kabupaten Sumedang Bakal Tampil Di Denmark Dan Jerman

Mendunia..!!! Seni Tarawangsa Dari  Rancakalong Kabupaten Sumedang Bakal Tampil Di Denmark Dan JermanBidik Ekspres.id | Sumedang

Seni Tarawangsa Rancakalong bakal tampil di Festival Musik Rosklide 2024 Denmark. Grup seni Pusaka Sunda Liguna dari Rancakalong mendapat undangan tampil di even musik internasional tersebut mewakili Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Nandang Suparman mengatakan, sebanyak sepuluh orang anggota grup seni Pusaka Sunda Liguna akan berangkat ke Denmark, Minggu 30 Juni 2024. “Para seniman dari Rancakalong akan berangkat besok 30 Juni, mereka akan tampil selama 9 hari mulai 6 Juli,” kata Nandang, Sabtu (29/6/2024).

Nandang mengatakan pihaknya sangat bersyukur  Tarawangsa yang merupakan warisan budaya Sumedang akan tampil di Denmark mewakili Indonesia. “Luar biasa, Tarawangsa warisan Sumedang akan tampil di Denmark mewakili Indonesia,” kata Nandang

Tampilnya Seni Tarawangsa di Festival Roskilde ini tidak hanya sebatas memberikan promosi terhadap seni budaya Sumedang, tapi dapat menginformasikan bahwa Sumedang itu kaya akan budaya. “Sejumlah budayanya telah menjadi Warisan Tak Benda di Indonesia. Kami juga berharap tampilnya Seni Tarawangsa di Festival Roskilde Denmark ini dapat menjadi motivasi bagi seni budaya yang lainnya. Dimana kebudayaan lokal Sumedang dapat mengguncang Dunia,” katanya.

Selain di Denmark, Tarawangsa Rancakalong juga akan tampil di Jerman dalam rangkaian kegiatan yang sama. “Sembilan hari di Denmark dan satu hari di Jerman. Ini tentu menjadi kebanggaan karena budaya Sumedang akan tampil di event Internasional,” katanya.*** (David)

Sumber: Prokopim Sumedang

error: Content is protected !!