Loading Now

Jateng Jadi Tuan Rumah Harganas ke 31, Dibanjiri Puluhan Ribu Pengunjung Dari Berbagai Daerah

Jateng Jadi Tuan Rumah Harganas ke 31, Dibanjiri Puluhan Ribu Pengunjung Dari Berbagai DaerahBidik Ekspres.id | Semarang

Jawa Tengah menjadi tuan rumah puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 2024, Sabtu 29/6. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Pancasila (Simpanglima), Semarang itu, menumpahkan bau busuk yang dihadiri 10 ribu orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Harganas yang mengusung tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”, telah digelar serangkaian acara. Diantaranya Fun Walk, Launching Logo ASN BKKBN Keren, Wisuda Sekolah Lanjut Usia (Lansia), Jingle Dance Creation Challenge untuk kategori umum dan inklusi atau penyandang disabilitas, Kelas Pengasuhan Orangtua Hebat, hingga Sosialisasi Siap Nikah Goes to Campus kerja sama BKKBN dan Unnes yang diikuti oleh 100 peserta. melibatkan sekitar 300 orang remaja.

Puncaknya, ada Pameran dan Bazar Produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dan UMKM, di Lapangan Pancasila Semarang.

Hadir dalam acara puncak, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia RI Muhadjir Effendy, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional RI Hasto Wardoyo, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Pj Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sujana.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, peringatan Harganas merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam merevitalisasi peran keluarga, dalam mengatasi persoalan yang menghambat pencapaian cita-cita pembangunan.

“Momen ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menjadi daya ungkit dalam program bangga kencana, dan percepatan penurunan stunting di Indonesia,” ujarnya.

Secara tegas, Nana menyampaikan, pihaknya terus berkomitmen dalam menurunkan angka stunting di Jawa Tengah.

“Jateng terus berkomitmen menurunkan stunting, hingga mencapai target 14 persen di tahun 2024,” paparnya.

Sementara itu Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, puncak peringatan Harganas di Jawa Tengah meriah dengan kapasitas sekitar 10 ribu orang.

Menurutnya, Harganas merupakan upaya untuk membangun bangsa dan negara, melalui peran keluarga.

“Untuk membangun bangsa dan negara harus dimulai dari keluarga,” tuturnya.

Peringatan Harganas kali ini diramaikan dengan 164 stan bazar UMKM, yang menyajikan berbagai produk unggulan dari daerah-daerah di Indonesia. Selama tiga hari, stan bazar di Lapangan Pancasila Simpanglima itu ramai pengunjung.

Salah satu panitia stan bazar, Susi mengatakan, bazar UMKM peringatan Harganas 2024 itu sangat ramai. Bahkan para pengisi stan merasa sangat puas.

“Ada sebanyak 164 stan. Pelanggan stan sangat puas, karena tiga hari dari pagi sampai banyak pengunjung,” ungkapnya.

Penanggung Jawa stan bazar Kalimantan Timur Utara, Nur Azizah mengutarakan, kunjungan bazar luar biasa antusias.

“Sangat luar biasa ramainya, bahkan selama tiga hari omzet kami Rp17 juta,” katanya.

Begitu pula dengan stan bazar Aceh, produknya laris manis terjual. Mulai dari kopi gayo, dan kerajinan songkok atau kopiah.

“Alhamdulillah laris. Kopiah kami laku, dan paling ramai itu kopi gayo,” tandasnya.*** (Drs Wardoyo)

Sumber: Diskominfo Jateng

error: Content is protected !!