Ini 6 Bahan Alami Yang Mampu Menghindari Dari Gigitan Nyamuk Yang Cukup MeresahkanBidik Ekspres.id | Bandung

Nyamuk merupakan salah satu binatang yang kerap mengganggu. Gigitannya tidak hanya bisa membuat kulit bentol dan gatal, tapi juga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Namun, tahukah kamu bahwa ada bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menekan populasi nyamuk di rumah? Berbagai penyakit yang bisa terjadi akibat gigitan serangga tersebut, antara lain chikungunya, demam berdarah West Nile, Zika atau malaria.

Dilansir dari berbagai sumber, tak hanya lotion, ini bahan alami yang ampuh usir nyamuk di rumah Anda, antara lain:

1. Minyak Kayu Putih Lemon
Bahan alami ini sudah menjadi obat nyamuk alami sejak lama dan 95 persen efektif memberikan perlindungan tubuh selama 3 jam. Cara membuatnya mudah, campurkan minyak kayu putih lemon dan minyak bunga matahari.

Balurkan campuran tersebut ke seluruh tubuh untuk memberikan perlindungan maksimal. Meski terbuat dari bahan alami, kamu sebaiknya tidak memberikan minyak kayu putih lemon pada anak berusia di bawah 3 tahun.

2. Bunga Lavender
Bukan tanpa alasan bila banyak produk losion antinyamuk yang menggunakan aroma lavender. Nyatanya, bunga berwarna ungu ini bersifat analgesik, antijamur, dan antiseptik.

Tak hanya mencegah gigitan serangga tersebut, lavender juga efektif menenangkan dan menyejukkan kulit.

Cara membuat obat anti nyamuk dari bahan alami ini, yaitu hancurkan lavender dan oleskan sari bunga ke area tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki atau leher.

3. Minyak Kayu Manis
Cara membuat obat nyamuk dari minyak kayu manis adalah mencampurkan dengan ΒΌ sendok teh (24 tetes) minyak dengan 4 ons air. Campuran ini bisa kamu semprotkan langsung ke kulit, pakaian atau ruangan di dalam rumah.

Sebaiknya hati-hati saat mengoleskan minyak ke kulit. Sebab, campuran yang terlalu kental bisa meningkatkan risiko iritasi kulit.

Jika setelah menggunakannya kamu mengalami ruam atau gatal, segera hentikan penggunaan dan bersihkan kulit dengan air.

4. Minyak Thyme
Thyme efektif mengusir nyamuk yang menjadi penyebab malaria. Obat nyamuk alami ini bisa kamu gunakan dalam tiga cara. Pertama, bakar daun tyme. Asap dari pembakaran daun efektif membunuh serangga tersebut.

Cara kedua, campurkan 4 tetes minyak thyme dengan satu sendok minyak zaitun atau jojoba, kemudian minum. Terakhir, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air. Larutan ini bisa kamu gunakan sebagai semprotan nyamuk.

5. Serai
Serai atau lemongrass (Cymbopogon citratus) merupakan tanaman wangi yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia.

Tanaman herbal ini menjadi salah satu wewangian favorit banyak orang karena dapat memancarkan aroma yang menyenangkan dan menenangkan.

Tidak heran bila bahan alami ini digunakan dalam berbagai produk komersial seperti parfum, aromaterapi, lotion dan lilin.

Nah, serai mengandung citronella, minyak alami yang terkenal di seluruh dunia sebagai bahan alami pengusir nyamuk.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *