Loading Now

Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 382, Dalam Galuh Digital Festival 2024, Pemkab Ciamis dan BI Gagas Inovasi Digital

Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 382, Dalam Galuh Digital Festival 2024, Pemkab Ciamis dan BI Gagas Inovasi DigitalBidik Ekspres.id | Kab Ciamis

Kabupaten Ciamis merayakan hari jadinya yang ke-382 dengan semangat inovasi digital melalui Galuh Digital Festival 2024 yang diselenggarakan di Taman Lokasana, Jum’at (14/06/2024).

Acara yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya ini bertujuan untuk mempercepat digitalisasi daerah serta mengembangkan ekosistem digital yang inklusif.

Dalam sambutannya, PJ Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, mengungkapkan bahwa Galuh Digital Festival bukan sekadar acara perayaan, tetapi juga merupakan wujud komitmen untuk menjadikan Kabupaten Ciamis sebagai salah satu yang terdepan dalam penerapan teknologi digital di Indonesia.

“Event ini tidak hanya merayakan sejarah Kabupaten Ciamis, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkuat kolaborasi antara Pemkab Ciamis dengan berbagai pihak terkait dalam memajukan digitalisasi daerah,” ujar Engkus Sutisna.

Salah satu highlight dari Galuh Digital Festival tahun ini adalah peluncuran aplikasi WebR dan program Galuh Go Digital. Aplikasi WebR, yang merupakan sistem informasi web register, diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan retribusi daerah.

“Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan proses pembayaran retribusi daerah dapat lebih terstruktur dan akuntabel,” ujarnya.

Sementara itu, program Galuh Go Digital merupakan langkah strategis Pemkab Ciamis untuk mendorong masyarakat beralih ke transaksi digital.

“Melalui pemberian insentif kepada wajib pajak, program ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ekosistem digital, serta mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ungkapnya.

Tak hanya fokus pada digitalisasi, Galuh Digital Festival 2024 juga menunjukkan kepedulian Pemkab Ciamis terhadap kesejahteraan masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan operasi pasar murah.

“OPM Ini merupakan langkah konkret dalam mengendalikan inflasi pangan, menjaga stabilitas harga, dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat,” imbuhnya.***

Sumber:  Prokopim Ciamis

error: Content is protected !!