Loading Now

Bawaslu Kabupaten Bekasi Tengah Fokus Lakukan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Bawaslu Kabupaten Bekasi Tengah Fokus Lakukan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024Bidik Ekspres.id | Kab Bekasi

Sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Bawaslu memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi Tahapan Pemilihan serentak Tahun 2024. Sejak tahapan persiapan sampai pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Saat ini memang kita Pengawas Pemilu baik dari Bawaslu Kabupaten, sampai tingkat Adhoc ya PKD kita itu, fokus mengawasi Tahapan pemutakhiran data pemilih,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi di kantor Bawaslu Kabupaten Bekasi, Kompleks Stadion Mini Cikarang, Cikarang Utara pada Rabu (12/06/2024).

Tahapan tersebut, telah dimulai sejak tanggal 31 Mei 2024.

Dalam proses pengawasan Bawaslu memegang 2 cara, pertama pengawasan administratif dan pengawasan langsung di lapangan.

“Untuk fokus kita itu nanti dalam pengawasan di teman-teman PPK ataupun KPU Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Pengawasan ini, tambahnya, harus memenuhi 4 prinsip yang sesuai dengan kaidah kerjanya. Yaitu, akurat, mutakhir atau up to date, komprehensif dan transparan.

“Jadi data itu mesti akurat ya, mesti harus sesuai dengan informasi yang tertera dalam elemen data. Ya DP4 yang diberikan nanti, kemudian nanti dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) di lapangan,” ucapnya.*** (Sugiono)

Sumber: Prokopim Kab Bks

error: Content is protected !!