Berita Terbaru

BIDIK EKSPRES – Sebagai upaya penguatan serta mewariskan nilai-nilai kearifan lokal sekaligus memberi ruang ekspresi kepada para pelaku ritual adat, Pemerintah Desa Jatisawit, Kec Jatibarang, Kab Indramayu menggelar acara Unjungan di makam buyut Mudang. Sabtu 29/06/2019.

Pemdes setempat mengadakan acara adat tersebut digelar di tiap tahunnya, seperti yang dikatakan oleh Dalim selaku sekretaris Desa Jatisawit, pada Tahun 2019 ini warga setempat begitu antusias mengikuti acara unjungan tersebut.

“Alhamdulilah warga sangat antusias sekali, dan kami panitia sangat merasa bangga” Katanya di usai acara.

Pria berkumis ini menambahkan pada Tahun 2019 ini, acara tersebut merupakan acara yang ke empat kalinya selama pemerintahan Desa yang di pimpin oleh Wardam alias Tebok.

“Karena acara ini merupakan acara yang rutin, maka siapa saja yang menjabat sebagai kepala Desa Jatisawit dituntut untuk menggelar acara Unjungan ini” Imbuhnya.
[ads-post]
Dalim mengatakan acara tersebut telah dikemas secara menarik serta komunikatif dengan menampilkan unsur-unsur tradisional, sehingga dapat dinikmati, dihayati, dan diapresiasi masyarakat.

“Acara yang di isi dengan penampilan wayang kulit ini diharapkan bisa menghibur warga, serta sekaligus menjadi momen untuk saling menguatkan kebudayaan yang ada di Indramayu, khususnya di Desa Jatisawit,” kata Dalim.

Dia berharap seluruh warga Desa Jatisawit mau menjaga warisan nenek moyang mereka.
“Semoga adat ini tidak hilang ditelan zaman” Tutupnya.

Acara tersebut digelar di tiap Tahun di tempat makam leluhur mereka, biaya untuk menggelar acara itu dikumpulan dari hasil swadaya masyarakat  setempat.

Untuk mengisi acara Unjungan di Tahun 2019 sendiri di isi dengan hiburan tradisonal Wayang Kulit.

Di akhir acara, panitia membacakan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk memohon kesejahteraan dan ampunan, setelah usai berdoa seluruh peserta yang hadir di instruksikan oleh panitia dan dikomandoi langsung oleh Wardim Alias tebok untuk saling tukar makanan yang mereka buat sendiri, dengan tujuan supaya bisa saling merasakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. (AA Pram)

Tinggalkan Balasan

Share Article: